Menggapai
Lailatul Qadar.
إِنَّا
أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِوَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ
الْقَدْرِلَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍتَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ
وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍسَلامٌ هِيَ حَتَّى
مَطْلَعِ الْفَجْرِ
Allah
Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an pada
malam qadar (kemuliaan)). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam
kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun
malaikat-malaikat dan ruh dengan izin Tuhannya. Malam  itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit
fajar”. (QS. Al Qadr (97) : 1-5) 
إِنَّا
أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ
Allah
Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada
suatu malam  yang diberkahi”. (QS.
Ad Dukhaan (44) : 3)
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ قَالَ
حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ يَقُمْ لَيْلَةَ
الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Telah
menceritakan kepada kami Abu Al Yaman berkata, telah mengabarkan kepada kami
Syu’aib berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Al Zanad dari Al A’raj dari
Abu Hurairah berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa menegakkan lailatul qodar (dengan ibadah) karena iman dan
mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR.
Bukhori No.34, 36, 1875, 1768, Muslim No.1269, At Tirmidzi No.619 Abudaud
No.1165,  An Nasa’i No.2177)
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ
بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا أَبُو سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ
رَمَضَانَ
Telah
menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami
Isma’il bin Ja’far telah menceritakan kepada kami Abu Suhail dari bapaknya dari
‘Aisyah radliallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
bersabda: “Carilah Lailatul Qadar pada malam yang ganjil dalam sepuluh
malam yang akhir dari Ramadhan”. (HR. Bukhori No.1878, 1880, Muslim
No.1989, 1990, 1991, 1998, At Tirmidzi No.722, Abudaud No.1173, 1175, Ibnumajah
No.1756,  Ahmad No.5275, 19879, 19896,
23306)
حَدَّثَنَا شُجَاعُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ
الَّذِي كَانَ يَكُونُ فِي بَنِي دَالَانَ يَزِيدُ الْوَاسِطِيُّ عَنْ طَلْقِ بْنِ
حَبِيبٍ عَنْ أَبِي عَقْرَبٍ الْأَسَدِيِّ قَالَ أَتَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ
مَسْعُودٍ فَوَجَدْتُهُ عَلَى إِنْجَازٍ لَهُ يَعْنِي سَطْحًا فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ
صَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ فَصَعِدْتُ إِلَيْهِ فَقُلْتُ يَا أَبَا عَبْدِ
الرَّحْمَنِ مَا لَكَ قُلْتَ صَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ صَدَقَ اللَّهُ
وَرَسُولُهُ قَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نَبَّأَنَا أَنَّ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي النِّصْفِ مِنْ السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ
وَإِنَّ الشَّمْسَ تَطْلُعُ صَبِيحَتَهَا لَيْسَ لَهَا شُعَاعٌ قَالَ فَصَعِدْتُ
فَنَظَرْتُ إِلَيْهَا فَقُلْتُ صَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ صَدَقَ اللَّهُ
وَرَسُولُهُ
Telah
menceritakan kepada kami Syuja’ bin Al Walid telah menceritakan kepada kami Abu
Khalid yang dikenal di kalangan banu Dalan dengan Yazid Al Wasithi dari Thalq
bin Habib dari Abu ‘Aqrab Al Asadi ia berkata, “Aku menemui Ibnu Mas’ud
yang saat itu aku dapati ia berada di hasil buminya – tempat pengeringan
kurma-. Aku mm dia mengatakan, ‘Maha benar Allah dan Rasul-Nya’. Aku lalu naik
dan mendekat ke tempat ia berada, aku lalu tanyakan kepadanya, ‘Wahai Abu
‘Abdurrahman, ada apa? Engkau katakan ‘Maha benar Allah dan Rasul-Nya’? Ibnu
Mas’ud lalu menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah
mengabarkan kepada kita bahwa malam lailatul qadar pada pertengahan tujuh hari
terakhir, sebagai tandanya matahari akan muncul di pagi hari dengan tidak membawa
sinar.” Ibnu Mas’ud melanjutkan, “Aku lalu naik untuk melihat dan
melihatnya, lalu aku katakan, ‘Maha benar Allah dan Rasulk-Nya’.” (HR.
Ahmad No.4143)
حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ إِسْحَقَ
الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ
عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ
وَيَقُولُ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ
رَمَضَانَ وَفِي الْبَاب عَنْ عُمَرَ وَأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ وَجَابِرِ بْنِ
سَمُرَةَ وَجَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ وَابْنِ عُمَرَ وَالْفَلَتَانِ بْنِ
عَاصِمٍ وَأَنَسٍ وَأَبِي سَعِيدٍ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُنَيْسٍ وَأَبِي
بَكْرَةَ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَبِلَالٍ وَعُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ أَبُو
عِيسَى حَدِيثُ عَائِشَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَوْلُهَا يُجَاوِرُ يَعْنِي
يَعْتَكِفُ وَأَكْثَرُ الرِّوَايَاتِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ الْتَمِسُوهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ فِي كُلِّ
وِتْرٍ وَرُوِيَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي لَيْلَةِ
الْقَدْرِ أَنَّهَا لَيْلَةُ إِحْدَى وَعِشْرِينَ وَلَيْلَةُ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ
وَخَمْسٍ وَعِشْرِينَ وَسَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَتِسْعٍ وَعِشْرِينَ وَآخِرُ لَيْلَةٍ
مِنْ رَمَضَانَ قَالَ أَبُو عِيسَى قَالَ الشَّافِعِيُّ كَأَنَّ هَذَا عِنْدِي
وَاللَّهُ أَعْلَمُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يُجِيبُ عَلَى نَحْوِ مَا يُسْأَلُ عَنْهُ يُقَالُ لَهُ نَلْتَمِسُهَا فِي
لَيْلَةِ كَذَا فَيَقُولُ الْتَمِسُوهَا فِي لَيْلَةِ كَذَا قَالَ الشَّافِعِيُّ
وَأَقْوَى الرِّوَايَاتِ عِنْدِي فِيهَا لَيْلَةُ إِحْدَى وَعِشْرِينَ قَالَ أَبُو
عِيسَى وَقَدْ رُوِيَ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّهُ كَانَ يَحْلِفُ أَنَّهَا
لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَيَقُولُ أَخْبَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِعَلَامَتِهَا فَعَدَدْنَا وَحَفِظْنَا وَرُوِيَ عَنْ
أَبِي قِلَابَةَ أَنَّهُ قَالَ لَيْلَةُ الْقَدْرِ تَنْتَقِلُ فِي الْعَشْرِ
الْأَوَاخِرِ حَدَّثَنَا بِذَلِكَ عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ
الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ أَيُوبَ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ بِهَذَا
Telah
menceritakan kepada kami Harun bin Ishaq Al Hamdani telah menceritakan kepada
kami ‘Abdah bin Sulaiman dari Hisyam bin ‘Urwah dari Ayahnya dari ‘Aisyah
berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa ber’itikaf
pada sepuluh hari terakhir Ramadlan dan beliau bersabda: ‘Raihlah malam
lailatul Qodar pada sepuluh hari terakhir’.” Hadits semakna diriwayatkan
dari Umar, Ubay bin Ka’ab, Jabir bin Samurah, Jabir bin Abdullah, Ibnu Umar, Al
Falatan bin ‘Ashim, Anas, Abu Sa’id, Abdullah bin Unais, Abu Bakrah, Ibnu
Abbas, Bilal, dan Ubadah bin Shamit. Abu ‘Isa berkata; “Hadits ‘Aisyah
merupakan hadits hasan shahih, dan arti dari perkataan berliau
“yujawiru” yaitu ber’itikaf. Kebanyakan riwayat dari Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam dalam hal memakai lafazh: “Raihlah Lailatul Qodar pada
sepuluh malam terakhir di malam yang ganjil”. Diriwayatkan juga dari Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa lailatul qodar diraih pada malam dua puluh
satu, dua puluh tiga, dua puluh lima, dua puluh tujuh dan dua puluh sembilan
serta malam terakhir bulan Ramadlan. Abu ‘Isa berkata; “Syafi’i berkata;
‘Itu hanya pendapatku. Allah lebih tahu. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
menjawab pertanyaan kami seperti yang sebelumnya. Beliau akan menjawab
sebagaimana yang pertama. Ditanyakan kepada beliau, yang bisa mencarinya pada
malam yang demikian”. Lalu beliau kabarkan: “Carilah pada malam yang
sekian…”. Syafi’i berkata; riwayat yang paling kuat menurutku ialah
riwayat malam ke dua puluh satu.” Abu ‘Isa berkata; “Diriwayatkan
juga dari Ubay bin Ka’ab. Dia bersumpah bahwa lailatul Qodar diraih pada malam
ke dua puluh tujuh. Dia berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
mengabari kami tanda-tandanya lalu kami hapalkan.” Diriwayatkan dari Abu
Qilabah bahwa beliau berkata; “Malam lailatul qodar itu berpindah-pindah
pada sepuluh hari terakhir.” Telah menceritakan kepadaku Abdu bin Humaid
telah mengabarkan kepada kami Abdurrazzaq dari Ma’mar dari Ayyub dari Abu
Qilabah. (HR. At Tirmidzi No.722)
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي
ابْنُ وَهْبٍ عَنْ يُونُسَ أَنَّ نَافِعًا أَخْبَرَهُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ
Telah
menceritakan kepada kami Isma’il bin ‘Abdullah berkata, telah menceritakan
kepada saya Ibnu Wahab dari Yunus bahwa Nafi’ mengabarkannya dari ‘Abdullah bin
‘Umar radliallahu ‘anhua berkata: ” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan”. (HR. Bukhori
No.1885, Muslim No.2005, At Tirmidzi No.720, Ibnumajah No.1763, Abudaud
No.2106, 2109, Ahmad No.5896)
وعنْ
عائِشَةَ رَضِيَ اللَّه عنْهَا ، قَالَتْ : كَانَ رسُول اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ
وسَلَّم : إِذا دَخَلَ العَشْرُ الأَوَاخِرُ مِنْ رمَضَانَ ، أَحْيا اللَّيْلَ ،
وَأَيْقَظَ أَهْلَه ، وجَدَّ وَشَدَّ المِئزرَ. 
متفقٌ عليه
Dari
‘Aisyah ra., ia berkata:”Rasulullah Saww. apabila telah masuk pada sepuluh
malam terakhir dari bulan Ramadhan, beliau selalu beribadah pada waktu malam
serta membangunkan keluarganya, bersungguh-sungguh ibadah dan mengikatkan
sarungnya (tidak bersetubuh dengan istrinya)”. (HR.Bukhari dan Muslim)
وعنْ
عائِشَةَ رَضِيَ اللَّه عنْهَا ، قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ
عَلَيْهِ وسَلَّم يَجْتَهِدُ فِي رَمضانَ مَالا يَجْتَهِدُ في غَيْرِهِ ، وفي
العَشْرِ الأَوَاخِرِ منْه ، مَالا يَجْتَهدُ في غَيْرِهِ.  رواهُ مسلمٌ
Dari
Aisyah radhiallahu ‘anha pula, berkata: “Rasulullah saww. sangat
bersungguh-sungguh dalam beribadah pada bulan Ramadhan, tidak seperti pada
bulan-bulan yang lain, dan pada malam sepuluh terakhir bulan Ramadhan beliau
saww. semakin bersungguh-sungguh dalam beribadah tidak seperti pada malam-malam
yang lain (dihari Ramadhan).” (Riwayat Muslim)
Kapankah
atau tepatnya Malam Qadar (Lailatul Qadar) itu ?
Menurut
pendapat yang masyhur tentang malam Al-qadar dengan mengutip keterangan dari
Ubay bin Ka’ab dan Ibnu Abbas dan kebanyakan pendapat ulama’, adalah jatuh pada
malam yang keduapuluh tujuh, dengan mengambil dalil dari sabda Nabi
Saww.:”Iltamisuu lailatal qadri fii sab-in wa isyriina khalat min syahri
ramadhaana. “Carilah malam Al-Qadar pada malam keduapuluh tujuh yang telah
berlalu  dari bulan Ramadhan”. Yaitu
malam yang pada waktu pagi cuacanya sangat cerah, dan yang dengan cuaca itu
Allah telah menjayakan agama Islam dan menurunkan Malaikat untuk memberikan
pertolongan kepada Kaum Muslimin.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مِهْرَانَ
الرَّازِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ
حَدَّثَنِي عَبْدَةُ عَنْ زِرٍّ قَالَ سَمِعْتُ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ يَقُولُا
وَقِيلَ لَهُ إِنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ يَقُولُا مَنْ قَامَ السَّنَةَ
أَصَابَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فَقَالَ أُبَيٌّ وَاللَّهِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا
هُوَ إِنَّهَا لَفِي رَمَضَانَ يَحْلِفُ مَا يَسْتَثْنِي وَ وَاللَّهِ إِنِّي
لَأَعْلَمُ أَيُّ لَيْلَةٍ هِيَ هِيَ اللَّيْلَةُ الَّتِي أَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقِيَامِهَا هِيَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ
سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِي صَبِيحَةِ
يَوْمِهَا بَيْضَاءَ لَا شُعَاعَ لَهَا
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Mihran Ar Razi telah menceritakan kepada
kami Al Walid bin Muslim Telah menceritakan kepada kami Al Auza’i telah
menceritakan kepadaku Abdah dari Zirr ia berkata, saya mendengar Ubay bin Ka’ab
berkata, dan telah dikatakan kepadanya bahwa Abdullah bin Mas’ud berkata,
“Siapa yang melakukan shalat malam sepanjang tahun, niscaya ia akan
menemui malam Lailatul Qadr.” Ubay berkata, “Demi Allah yang tidak
ada ilah yang berhak disembah selain Allah, sesungguhnya malam itu terdapat
dalam bulan Ramadlan. Dan demi Allah, sesungguhnya aku tahu malam apakah itu.
Lailatul Qadr itu adalah malam, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
memerintahkan kami untuk menegakkan shalat di dalamnya, malam itu adalah malam
yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadlan). Dan
tanda-tandanya ialah, pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa
sinar yang menyorot.” (HR. Muslim No.1272)
و حَدَّثَنِي عَمْرٌو النَّاقِدُ
وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ
الزُّهْرِيِّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ رَأَى رَجُلٌ
أَنَّ لَيْلَةَ الْقَدْرِ لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَى رُؤْيَاكُمْ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ
فَاطْلُبُوهَا فِي الْوِتْرِ مِنْهَا
Dan
telah menceritakan kepadaku Amru An Naqid dan Zuhair bin Harb – Zuhair berkata-
Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari Az Zuhri dari Salim dari
bapaknya radliallahu ‘anhu, ia berkata; Seorang bermimpi bahwa Lailatul Qadr
terdapat pada malam kedua puluh tujuh bulan Ramadlan. Maka Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda: “Aku bermimpi seperti mimipimu, yaitu pada
sepuluh malam yang akhir. Karena itu, carilah ia pada malam-malam yang
ganjil.” (HR. Muslim No.1987, 1999, 2000)
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي
أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ أَنَّهُ سَمِعَ مُطَرِّفًا عَنْ مُعَاوِيَةَ
بْنِ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي
لَيْلَةِ الْقَدْرِ قَالَ لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ
Telah
menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’adz telah menceritakan kepada kami
ayahku telah mengabarkan kepada kami Syu’bah dari Qatadah bahwa dia mendengar
Muttharif dari Mu’awiyah bin Abu Sufyan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
mengenai lailatul qadr, beliau bersabda: “Lailatul qadr adalah malam ke
dua puluh tujuh.” (HR.Abudaud No.1178, Ahmad No.6185)
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدَةَ بْنِ أَبِي لُبَابَةَ وَعَاصِمٍ هُوَ ابْنُ
بَهْدَلَةَ سَمِعَا زِرَّ بْنَ حُبَيْشٍ وَزِرُّ بْنُ حُبَيْشٍ يُكْنَى أَبَا
مَرْيَمَ يَقُولُ قُلْتُ لِأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ إِنَّ أَخَاكَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ
مَسْعُودٍ يَقُولُ مَنْ يَقُمْ الْحَوْلَ يُصِبْ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فَقَالَ
يَغْفِرُ اللَّهُ لِأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ لَقَدْ عَلِمَ أَنَّهَا فِي
الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَأَنَّهَا لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ
وَلَكِنَّهُ أَرَادَ أَنْ لَا يَتَّكِلَ النَّاسُ ثُمَّ حَلَفَ لَا يَسْتَثْنِي
أَنَّهَا لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ قَالَ قُلْتُ لَهُ بِأَيِّ شَيْءٍ تَقُولُ
ذَلِكَ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ قَالَ بِالْآيَةِ الَّتِي أَخْبَرَنَا رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ بِالْعَلَامَةِ أَنَّ الشَّمْسَ
تَطْلُعُ يَوْمَئِذٍ لَا شُعَاعَ لَهَا قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ
صَحِيحٌ
Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Abu Umar telah menceritakan kepada kami Sufyan
dari Abdah bin Abu Lubabah serta ‘Ashim yaitu Ibnu Bahdalah mereka telah
mendengar Zirrb Hubaisy yang diberi kunya Abu Maryam, ia berkata; saya berkata
kepada Ubai bin Ka’ab saudaramu yaitu Abdullah bin Mas’ud berkata; barang siapa
yang melakukan shalat satu tahun maka ia mendapatkan lailatul qadar. Kemudian
Ubai berkata; semoga Allah merahmati Abu Abdur Rahman; sungguh ia telah
mengetahui bahwa lailatul qadar itu ada pada sepuluh malam terakhir bulan
Ramadhan, yaitu malam ke tujuh puluh dua, akan tetapi ia ingin agar orang-orang
tidak berbergantung kepadanya. Kemudian ia bersumpah dan tidak mengucapkan
insya Allah, bahwa malam tersebut adalah malam kedua puluh tujuh. Zirr berkata;
aku katakan kepadanya; berdasarkan apakah engkau mengatakan hal tersebut wahai
Abu Al Mundzir? Ia berkata; dengan tanda yang telah dikabarkan Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam atau dengan tanda bahwa matahari terbit pada hari
itu tidak memiliki sinar. Abu Isa berkata; hadits ini adalah hadits hasan
shahih. (HR.At Tirmidzi No.3274)
Keterangan
diatas dikuatkan lagi oleh sebuah riwayat yang menceritakan bahwa Utsman bin
Al-‘Ash mempunyai pembantu kecil yang berkata padanya:”Wahai tuan,
sesungguhnya aku mendapatkan air laut rasanya tawar pada suatu malam
Ramadhan”. Utsman bin Al-‘Ash berkata:”Apabila hal itu terjadi lagi
di suatu malam, maka hendaklah kamu memberitahukan kepadaku”. Lalu dia
memberitahukan  kepadanya, ternyata malam
itu adalah malam keduapuluh tujuh dari bulan Ramadhan.
Keterangan
diatas masih dikuatkan lagi oleh penganalisaan sebagian ulama’, yakni bahwa
jumlah kalimat yang ada pada surat Al-Qadar adalah tigapuluh kalimat, sejumlah
hari pada bulan Ramadhan. Demikian pula lafazh hiya (malam itu) dari kalimat
salamun hiya, merupakan bagian kesempurnaan ayat yang keduapuluh tujuh. Dan
kalimat yang menunjukkan malam Al-Qadar, pembacaannya adalah dengan diucapkan
sekaligus, sekalipun kalimat-kalimat dalam surat Al-Qadar itu mengandung banyak
kalimat seperti anzalnahu. Menurut analisa yang lain disebutkan, bahwa huruf
yang menunjukkan nama lailatu’l Qadr ada sembilan huruf yaitu: Lam, Ya, Lam,
Ta, Hamzah (Alif), Lam, Qaf, Dal, dan Ra. Dan Kalimat Lailatu’l-Qadri dalam
surat Al-Qadar diulang sampai tiga kali, jadi 9×3=27.
Menurut
pendapat lain yang dikutip dari keterangan sebagian ahli kasyaf menjelaskan,
bahwa malam Al-Qadar itu jatuh pada hari yang bertepatan dengan awal bulan
Ramadhan (pada sepuluh terakhir), Hanya saja, pendapat ini tidak dilandasi dengan
pegangan apapun, sehingga dimungkinkan pendapat itu tidak terarah.
Menurut
analisa Syaikh Ahmad Zaruq dan lainnya dijelaskan, bahwasanya malam Al Qadar
itu tidak terlepas dari malam Jum’at pada tanggal-tanggal yang gasal/ganjil
dari malam-malam yang akhir bulan Ramadhan. Analisa seperti ini juga dikutip
dari keterangan Ibnu’l-‘Arabi.
Didalam
kitab tafsir Imam Al-Khatib dikemukakan suatu ketentuan tentang malam Al Qadar,
dengan mengutip penjelasan dari Syaikh Abu’l Hasan Asy-Syadzali, Bahwasanya:
1.
Jika awal Ramadhan pada hari Ahad, maka malam Al-Qadar jatuh pada tanggal
duapuluh sembilan.
2.
Jika awal Ramadhan pada hari Senin, maka malam Al-Qadar jatuh pada tanggal
duapuluh Satu. kemudian perhitungan seterusnya dilakukan dengan naik dan turun
menurut harinya.
3.
Jika awal Ramadhan pada hari Selasa, maka malam Al-Qadar jatuh pada tanggal
duapuluh tujuh.
4.
Jika awal Ramadhan pada hari Rabu, maka malam Al-Qadar jatuh pada tanggal
sembilanbelas.
5.
Jika awal Ramadhan pada hari Kamis, maka malam Al-Qadar jatuh pada tanggal
duapuluh lima.
6.
Jika awal Ramadhan pada hari Jum’at, maka malam Al-Qadar jatuh pada tanggal
tujuhbelas.
7.
Jika awal Ramadhan pada hari Sabtu, maka malam Al-Qadar jatuh pada tanggal
duapuluh tiga. (di dalam Kitab At-Tuhfa Al-Mardhiyyah)
Amalan/doa/dzikir agar mendapatkan Lailatul
Qadar.
لا إله إﻻ الله الحليم الكريم سبحان رب السموات
السبع و رب العرش العظيم
LAA ILAAHA ILLALLAAHUL HALIIMUL KARIIM,
SUBHAANA RABBIS SAMAAWAATIS SAB’I WA RABBIL ‘ARSYIL ‘AZHIIM.
Artinya : Tidak ada Tuhan yang berhak
disembah melainkan Allah Yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, Maha Suci Tuhan
tujuh lapis langit dan Tuhan Arsy yang agung.
Di dalam kitab Kanz An Najah Wa As Surur
karya Asy Syaikh Abdul Hamid Kudus, disebutkan, Ibnu Abbas meriwayatkan sebuah
hadits yang mengatakan, “Barangsiapa mengucapkan LAA ILAAHA ILLALLAAHUL
HALIIMUL KARIIM, SUBHAANA RABBIS SAMAAWAATIS SAB’I WA RABBIL ‘ARSYIL ‘AZHIIM
sebayak tiga kali, ia seperti orang yang mendapatkan Lailatul Qadar.” Maksudnya,
barangsiapa mengucapkan kalimat tersebut pada malam yang diduganya Lailatul
Qadar padahal malam itu bukan Lailatul Qadar dan ia melakukan amal shalih pada
malam itu maka nilai amalnya sama seperti bila dilakukan pada Lailatul Qadar.
(Kitab Kanz An Najah Wa As Surur
Asy Syaikh Abdul Hamid Kudus, Hal : 250).
Ijazah
dari Habib Muhammad bin Abdullah Bilfaqih Malang.
من
قرأ يا حي يا قيوم مائة مرة فى شهر رمضان أدرك ليلة القدر
Barangsiapa
yang membaca YAA HAYYU YAA QOYYUUM sebanyak 100 kali setiap hari pada bulan
Ramadhan niscaya ia akan mendapatkan Lailatul Qodri.
Al Habib Salim bin Abdullah Asy Syatiri
berkata :
Barangsiapa membaca do’a dibawah ini sebanyak
7 kali setelah sholat witir, insya Allah ia akan mendapatkan Lailatul Qodar.
اللهم اطلع علينا ليلة القدر العظيمة القدر في
اليقظة والمنام
ALLAHUMMA AThLI’ ‘ALAINAA LAILATAL QODRIL
‘AZhIIMATAL QODRI  FIL YAQOZhOTI WAL
MANAAM(I).
Ya Allah, Tampakkanlah/beritahulah kepada
kami malam Lailatul Qodri di dalam keadaan terjaga (tidak tidur) dan di dalam
keadaan tidur (mimpi).
Apa
yang harus kita lakukan pada malam Qadar (Laitul Qadar) itu ?
Kita
memperbanyak shalat, berdoa, memperbanyak memohon ampun (istigfar) kepada
Allah, dzikir atau shalawat kepada Nabi Muhammad Saww. pada malam tersebut.
وعنْ
عائِشَةَ رَضِيَ اللَّه عنْهَا ، قَالَتْ : قُلْتُ : يا رَسُولَ اللَّهِ
أَرَأَيْتَ إِن عَلِمْتُ أَيَّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ ما أَقُولُ فيها ؟
قَالَ : قُولي : اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العفْوَ فاعْفُ عنِّي  رواهُ التِرْمذيُّ وقال : حديثٌ حسنٌ صحيحٌ
Dari
Aisyah radhiallahu ‘anha, katanya: “Saya berkata: “Ya Rasulullah,
bagaimanakah pendapatmu, seandainya saya mengetahui pada malam itu adalah
lailatul-qadri, apakah yang harus saya baca/ucapkan pada malam itu?”
Beliau s.a.w. menjawab: “Ucapkanah/bacalah: ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN
TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII (Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Maha
Pengampun, gemar memberikan pengampunan, maka ampuniiah saya). “ (HR. At
Termidzi No.3435 dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan shahih, Ibnumajah
No.3840, Ahmad No.24215).
Dikutip
dari:
* Al
Qur’an.
*
Hadis 9 Imam (Kutubu Tis’ah).
*
Riyadhus Shalihin – Imam An-Nawawi.
*
Durratun Nasihin – Usman Alkhaibawi.
*
At-Tuhfa Al-Mardhiyyah fil Akhbaril Qudsiyyah wal Ahadits Nabawiyyah – Asy-Syaikh
Abdul Majid Al-‘Adawiy.
Website :
http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau
https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram :
@shulfialaydrus
Instagram Majelis
Nuurus Sa’aadah : @majlisnuurussaadah
Twitter :
@shulfialaydrus dan @shulfi   
Telegram :
@habibshulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus
Sa’aadah : @majlisnuurussaadah
Facebook :
https://www.facebook.com/habibshulfialaydrus/
Group Facebook :
Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/
Donasi atau infak atau
sedekah.
Bank BRI Cab. JKT
Joglo.
Atas Nama : Muhamad
Shulfi.
No.Rek :
0396-01-011361-50-5.
Penulis dan pemberi ijazah : Muhammad Shulfi
bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *