Dalil sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah.
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا
هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ ح و حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ
زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا خَالِدٌ الْمَعْنَى عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ قَالَ
سَأَلْتُ عَائِشَةَ عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ مِنْ التَّطَوُّعِ فَقَالَتْ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ أَرْبَعًا
فِي بَيْتِي ثُمَّ يَخْرُجُ فَيُصَلِّي بِالنَّاسِ ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى بَيْتِي
فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ وَكَانَ يُصَلِّي بِالنَّاسِ الْمَغْرِبَ ثُمَّ يَرْجِعُ
إِلَى بَيْتِي فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ وَكَانَ يُصَلِّي بِهِمْ الْعِشَاءَ ثُمَّ
يَدْخُلُ بَيْتِي فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin
Hanbal telah menceritakan kepada kami Husyaim telah mengabarkan kepada kami
Khalid. Dan telah di riwayatkan dari jalur lain, telah menceritakan kepada kami
Musaddad telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai’ telah menceritakan
kepada kami Khalid sedangkan maknanya dari Abdullah bin Syaqiq dia berkata;
saya bertanya kepada Aisyah mengenai shalat sunnahnya Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam.” Jawabnya; “Beliau biasa mengerjakan shalat
(sunnah) sebelum Zhuhur empat raka’at di rumahku, kemudian beliau keluar dan
shalat bersama orang-orang. Setelah shalat, beliau kembali ke rumahku lalu
beliau mengerjakan shalat (ba’diyah zhuhur) dua raka’at. Setelah shalat Maghrib
(berjama’ah) bersama orang-orang, beliau pulang ke rumahku, kemudian beliau
shalat (ba’diyah maghrib) dua raka’at. Setelah shalat Isya’ bersama
orang-orang, beliau masuk ke rumahku lalu shalat (ba’diyah isya) dua
raka’at.” (HR. Abudaud No.1060, Muslim No.1201 dan Ahmad No.22892)
عَنْ عَلِيٍّ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ
يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِالتَّسْلِيمِ عَلَى الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِينَ وَمَنْ
تَبِعَهُمْ مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُؤْمِنِينَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي
الْبَاب عَنْ ابْنِ عُمَرَ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَبُو عِيسَى
حَدِيثُ عَلِيٍّ حَدِيثٌ حَسَنٌ وَاخْتَارَ إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَنْ لَا
يُفْصَلَ فِي الْأَرْبَعِ قَبْلَ الْعَصْرِ وَاحْتَجَّ بِهَذَا الْحَدِيثِ و قَالَ
إِسْحَقُ وَمَعْنَى قَوْلِهِ أَنَّهُ يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِالتَّسْلِيمِ يَعْنِي
التَّشَهُّدَ وَرَأَى الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ صَلَاةَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ
مَثْنَى مَثْنَى يَخْتَارَانِ الْفَصْلَ فِي الْأَرْبَعِ قَبْلَ الْعَصْرِ
Dari Ali KWJ. ia berkata; “Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat empat rakaat sebelum asar, dan
beliau memisahkan antara empat rakaat tersebut dengan mengucapkan salam kepada
malaikat muqarrabin, orang-orang muslim dan mukmin yang mengikutinya.” Abu
Isa berkata; “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Ibnu Umar dan Abdullah
bin Amru.” Abu Isa berkata; “Hadits Ali ini derajatnya hasan shahih.
Ishaq bin Ibrahim memilih untuk tidak memisahkan antara empat rakaat tersebut
berdasarkan hadits ini.” Ishaq berkata lagi, “Adapun maksud dari
ucapannya, “memisahkan di antara empat rakaat itu dengan salam, ”
adalah dengan tasyahud.” Imam Syafi’i dan Ahmad berpandangan bahwa shalat
yang dilakukan baik malam ataupun siang adalah dua rakaat-dua rakaat, dan
keduanya memilih adanya pemisahan dalam melaksanakan shalat empat rakaat
sebelum asar.” (HR.At Tirmidzi No.394)
عَنْ عَلِيٍّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ
Dari Ali KWJ., bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam biasa mengerjakan shalat (sunnah) dua raka’at sebelum Ashar.”
(HR. Abudaud No.1080)
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
رَحِمَ اللَّهُ امْرءًا صَلَّى قَبْلَ العَصْرِ
أرْبَعًا
Semoga Allah merahmati seseorang yang shalat
(sunnah) sebelum Ashar 4 rakaat. (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْتَسِلُ وَيُصَلِّي الرَّكْعَتَيْنِ
وَصَلَاةَ الْغَدَاةِ وَلَا أَرَاهُ يُحْدِثُ وُضُوءًا بَعْدَ الْغُسْلِ
Dari Aisyah dia berkata; Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mandi, lalu mengerjakan shalat (Sunnah
Qabliyah Subuh) dua rakaat dan shalat subuh. Dan saya tidak melihat beliau
memperbaharui wudhu setelah beliau mandi. (HR. Abu Daud No.218 dan Ahmad
No.24049)
عَنْ
عَائِشَةَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي
رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءِ وَالْإِقَامَةِ مِنْ صَلَاةِ
الصُّبْحِ
Dari ‘Aisyah, bahwa Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat sunnat (Qobliyah Subuh) dua
rakaat ringan antara adzan dan iqamat dalam shalat Shubuh.” (HR. Bukhori
No.589, Muslim No.1188 dan An Nasa’i No.1748)
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ
ثُمَّ قَالَ فِي الثَّالِثَةِ لِمَنْ شَاءَ
Dari ‘Abdullah bin Mughaffal
berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Antara
dua adzan (adzan dan iqamah) ada shalat (sunah).” Kemudian pada ucapan
beliau yang ketiga kalinya, beliau menambahkan: “Bagi yang mau.” (HR.
Bukhori No.591 dan Muslim No.1384)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
فُضَيْلٍ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ
الْأَسْوَدِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: ” أَرْبَعٌ بَعْدَ
الْعِشَاءِ يَعْدِلْنَ بِمِثْلِهِنَّ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Telah menceritakan kepada
kami Muhammad bin Fudlail, dari Al-‘Alaa’ bin Al-Musayyib, dari ‘Abdurrahmaan
bin Al-Aswad, dari ayahnya, dari ‘Aaisyah, ia berkata : “Empat raka’at setelah
‘Isyaa’ setara dengan empat raka’at pada waktu Lailatul-Qadr” (HR. Ibnu Ibnu
Abi Syaibah No. 7352; sanadnya hasan)
Jadi dari dalil di atas
dapat disimpulkan sholat sunnah ba’diyah dan qobliyah adalah:
2 roka’at (Muakkadah)
sebelum Shubuh, 4 roka’at (2 raka’at Muakkadah dan 2 roka’at Ghoiru Muakkadah )
sebelum Zhuhur, 4 roka’at (2 roka’at Muakkadah dan 2 roka’at Ghoiru Muakkadah)
sesudah Zhuhur, 4 roka’at (2 roka’at Muakkadah dan 2 roka’at Ghoiru Muakkadah)
sebelum Ashar, 2 roka’at (Ghoiru Muakkadah) sebelum Magrib, 2 raka’at
(Muakkadah) sesudah Magrib, 2 roka’at (Ghoiro Muakkadah) sebelum Isya’, 4
roka’at (2 roka’at Muakkadah dan 2 roka’at Ghoiru Muakkadah) sesudah Isya’.
Sunnah Muakkadah adalah shalat sunah yang
dianjurkan dengan penekanan yang kuat (hampir mendekati wajib).
Sunnah Ghairu Muakkadah adalah shalat sunah
yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat.
Website :
http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau
https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Instagram Majelis
Nuurus Sa’aadah : @majlisnuurussaadah
Twitter :
@shulfialaydrus dan @shulfi   
Telegram :
@habibshulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus
Sa’aadah : @majlisnuurussaadah
Facebook :
https://www.facebook.com/habibshulfialaydrus/
Group Facebook :
Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/
Donasi atau infak atau
sedekah.
Bank BRI Cab. JKT
Joglo.
Atas Nama : Muhamad
Shulfi.
No.Rek :
0396-01-011361-50-5.
Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al
‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *